SINOPSIS THE HIGHWAYMEN (2019)

the highwaymen

Sinopsis The Highwaymen (2019)

Film The Highwaymen merupakan anti-tesis dari film Bonnie and Clyde (1967) di mana kali ini kita diperlihatkan dari perspektif Frank Hamer (Kevin Costner) dan Maney Gault (Woody Harrelson), orang yang memburu Bonnie dan Clyde.

Cerita dibuka dengan peristiwa penjara Eastham yang di-break out oleh Bonnie dan Clyde untuk membebaskan Henry Methvin. Kemudian, Ma Ferguson menyerahkan sepenuhnya kasus ini Texas Ranger yang sudah pensiun bernama Frank Hamer. Mulai dari sinilah, kisah perburuan Bonnie dan Clyde dimulai.
 
Jika kalian berharap banyak baku tembak antara duo koboi dan duo kriminal, pupus harapan kalian pada film ini. The Highwaymen lebih menekankan drama dan konflik batin di setiap karakter di sini.
 
Walaupun duo kriminal ini sudah membunuh banyak polisi, masyarakat menganggap mereka adalah Robin Hood era modern. Hal inilah yang membuat Frank Hamer menjadi dilema dalam penyelidikannya. Fakta di mana para polisi merasa alasan Bonnie dan Clyde dijustifikasi karena berhasil menghancurkan ‘penjahat’ pada era lesunya perekonomian Amerika yang biasa kita kenal dengan The Great Depression.
 
Tidak hanya itu saja, Frank Hamer juga harus berurusan dengan FBI yang juga memiliki misi yang sama, namun tidak ingin berkerja sama dan merendahkan Frank Hamer dalam penyelidikannya.
Film ini tidak menampilkan wajah karakter Bonnie dan Clyde hingga akhir film di mana mereka dibunuh. Wajar saja, karena film ini memang bukan tentang mereka, tapi tentang perjuangan polisi dan fakta sejarah bagaimana seorang kriminal malah diidolakan oleh masyarakat.
 
Bahkan, ketika mobil dan jenasah dari Bonnie dan Clyde dibawa ke kota, menyeramkan sekali bagaimana fans fanatik duo kriminal ini ingin mengambil sisa-sisa dari idola mereka seperti patahan jari, rambut, atau perhiasan yang mereka kenakan.
 
Walaupun film ini berhasil menggambarkan dilematika motivasi dari setiap karakter di sini. Sayangnya, tidak ada adegan yang cukup emosional hingga memberikan kesan setelah menonton. Film ini hanya akan menjadi one-time-watching saja.
 
Daripada menghibur, film ini lebih tepat dibilang hanya untuk studi karakter saja. Melihat fakta sejarah dari sisi polisi yang dirugikan pada era The Great Depression dan kriminalitas Bonnie dan Clyde ini.